Tuesday, May 5, 2015

Apa itu Kolestrol Tinggi dan Gejalanya?

Ramai pendapat menganggap bahawa kolestrol adalah salah satu musuh tubuh dan membahayakan. Kolestrol sering dikaitkan dengan penyakit stroke dan juga penyakit jantung. Masalah koletrol juga boleh terjadi dikalangan kanak-kanak namun umumnya lebih kepada golongan tua dan sudah melewati usia menopause.

Apa itu Kolestrol ?

Kolestrol tidak dapat larut dalam darah.Zat didalam badan harus di angkut melalui aliran darah dengan operator yang disebut lipoprotein yang dihasilkan dari lemak dan protein.

Kolestrol merupakan lemak yang berada dalam tubuh manusia dan di haslkan oleh organ hati. Terdapat 2 jenis kolestrol iaitu LDL dan HDL. LDL adalah Low Density Lipoprotein ataupun kolestrol jahat yang mengakibatkan pemendapan pada arteri yang menjadi punca strok dan penyakit jantung. HDL atau High Density Lipoprotein pula adalah kolestrol baik yang tidak mengendap pada arteri dan juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari Atesklerosis yakni terbentuk plak pada bahagian dinding pembuluh darah dan melindungi dari serangan jantung. 

gejala-dan-akibat-kolesterol

 

Dalam tubuh manusia , kolestrol tersebar di dalam bahagian-bahagian tertentu dalam tubuh manusia seperti kulit otot, saraf, otak dan juga jantung. Kadar kolesterol seseorang dapat diukur seperti gambarajah di bawah .

Kadar-Kolesterol-Normal-Menurut-WHO

Pada kadar normal, seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200mg manakala apabila kolesterol melebihi 240mg seseorang berada di dalam bahaya dan mungkin meyebabkan gejala strok.

Gejala awal kolesterol tinggi ?

Selain berjumpa doktor, tanda-tanda lain yang menandakan anda mempunyai koleterol tinggi di dalam badan adalah seperti berikut:-

  • Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak. Sebagian besar orang merasakan berat di kepala dan pegal-pegal sebagai gejala awal. Gejala ini muncul sebagai akibat kurangnya oksigen.
  • Sering sakit kepala.Ini karena kolesterol yang tinggi dalam darah memicu terjadinya penimbunan plak-plak di pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan terjadinya artherosclerosis. Kondisi ini membuat arteri akan menyempit dan membuat aliran darah ke kepala dan otak berkurang, sehingga menyebabkan rasa sakit di kepala.
  • Cepat mengantukHal ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke otak akibat pembuluh darah yang menyempit karena adanya timbunan lemak akibat kolesterol.
  • Mudah lelah. Ketika plak terbentuk di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung koroner dan penyakit mikrovaskuler koroner.  Kondisi-kondisi seperti inilah yang menyebabkan badan terasa mudah lelah.
  • Kesemutan. Kesemutan bisa terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi berkurang

    Jika anda mempunyai ciri-ciri seperti di atas lekas-lekas jumpa dengan doctor yer..

    _________________________________________________________________________________

    Reference:

    Atherosclerosis (also known as arteriosclerotic vascular disease or ASVD) is a specific form of arteriosclerosis in which an artery wall thickens as a result of invasion and accumulation of white blood cells (WBCs).- wikipedia

  • No comments:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...